Postingan

kritik cak nun terhadap pembangunan modern

Gambar

kritik cak nun terhadap manusia modern

Gambar

.......?????????

……??????????? Apa yang sedang di fikirkan Sahabat, kawan, bung, atau kau Seolah fikiran mu tiada Kau hanya segumpalan daging yang berjalan Yang merasa bangga dengan bentuk mu Yang menjijikan Mengayun, mengepal, menunjuk, melambai Kan tangan seolah tiada dosa Beriringan mengiringi kesombongan Yang tiada pernah menjadi sadar Hai, sahabat, kawan, bung, atau kau Berjalanlah layaknya kau

USAHA MANDIRI DI TENGAH GEMPURAN KAPITALIS

TEGAKNYA USAHA MANDIRI DI TENGAH GEMPURAN KAPITALIS (refleksi terhadap salah seorang pedagang cilok urat di kecamatan Banjar Sari, Ciamis) Oleh: Ahmad Mubarok Sistem kapitalis yang sedang berkembang biak di Negara Indonesia membawa dampak yang menyengsarakan rakyat kecil. System kapitalis memberikan ruang sebesar-besarnya bagi para pemodal untuk mengembangkan kekayaannya dengan bebas. Kesempatan usaha yang di berikan kepada para pemodal mengakibatkan para pemodal membutuhkan tenaga pekerja untuk menjalankan system usahanya. Para pemodal yang membutuhkan para pekerja, sesungguhnya hanya mencari budak-budak yang mau di bayar murah dan memberikan keuntungan tinggi. Perhitungan yang di gunakan para pemodal, biasanya hanya memberikan secuil penghasilan dari usaha yang di jalankannya, da sebagian besar keuntungan untuk diri sendiri. Oleh karena itu, sesungguhnya system kapitalis tidak pernah menganggkat derajat orang-orang miskin, System kapitalis tidak pernah berniat meringankan beban...

BORJUIS DAN PROLETAR DALAM SETASIUN KERETA YOGYAKARTA

SETASIUN TUGU DAN SETASIUN LEMPUYANGAN Jurang pemisah rakyat borjuis dan rakyat proletar di Yogyakarta Oleh: Ahmad Mubarok Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki dua buah setasiun, yakni setasiun tugu dan setassiun Lempuyangan. Di kedua setassiun inilah kita dapat naik kreta api menuju berbagai jurusan se-jawa. Setasiun tugu terletak di sebelah utara jalan Malioboro. Dari Malioboro cukup naik beca atau naik taksi yang ada di sana dan berjalan menuju arah utara. Dari Maloboro menuju setasiun tugu kira-kira berjarak sekitar satu kilometre saja. Jalan dari Malioboro menuju setasiun Tugu tidak memiliki tikungan atau persmpangan jalan, sehingga untuk menuju setasiun Tugu sangat mudah di lakukan oleh siapa pun. Namun, hanya ada satu tikungan dan itu pun terletak di dekat rel kereta api berjarak 50 meter dari setasiun tugu. Sebelum rel kereta api, ada jalan simpang empat yang membentang. Jalan yang kea rah utara merupakan jalan yang menuju pegunungan merapi, kea rah timur jala...

PERKERETA APIAN INDONESIA

PERKERETA APIAN INDONESIA Oleh: Ahmad Mubarok Kereta api di Indonesia memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap dunia transportasi. Keberadaan kereta api di Indonesia sudah mulai di kenalkan sejak zaman penjajahan Balanda. Kereta api yang pertama kali di kenalkan di Indonesia oleh penjajah Belanda merupakan kereta api yang masih sangat sederhana. Kereta api pada waktu itu mash menggunakan baha bakar batu bara, sedangkan berbagai kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak belu di kenal luas. Sehingga banyak kendaraan alternative seperti kereta api, yang menggunakan bahan bakar teradisional batu bara. Namun diluar konteks bahan bakar yang di gunakan, pengenalan kereta api di Indonesia merupakan salah satu bentuk revolusi teransportasi yang di bawa oleh penjajah Belanda. Pada awalnya Belanda sengaja memasukkan teransportasi modern perkereta apian ke Indonesia guna untuk memperlancar dan mempercepat roda perekonomian. Dengan adanya kereta api, penjajah Belanda di untungkan deng...

KERETA API DAN RAKYAT PROLETAR INDONESIA

Gambar
KERETA API DAN RAKYAT PROLETAR DI INDONESIA Oleh: Ahmad Mubarok Gerbong kereta api, telah lama menjadi tempat bagi warga miskin mengadukan nasib. Teransportasi yang telah beroperasi sejak zaman penjajahan ini, sampai sekarang masih di gunakan sebagai alat teransportasi andalan rakyat. Rakyat Indonesia yang memiliki kelas ekonomi menengah ke bawah dapat menjangkau fasilitas ini, karena harga tiket kereta yang relative murah. Kereta api, yang sudah terkenal sebagai teransportasi bebas hambatan ini memiliki banyak varian tergantung kepada kelas perekonomian penumpang. Mungkin memang sudah kodrat dari Tuhan, bahwa manusia di ciptakan berbeda-beda. Dalam hal kelas ekonomi pun, manusia memiliki kodrat yang berbeda. Bagi manusia yang di ciptakan dengan kodrat sebagi orang kaya raya dapat merasakan berbagai fasilitas yang nyaman dan lux. Kereta api yang di peruntukkan unutk orang kaya pun di beda-bedakan dengan untuk orang miskin. Kereta api yang sebagian besar di tumpangi oleh orang-ora...